Tujuan Go-Public
Secara umum, perusahaan yang memutuskan untuk menjual saham ke pada masyarakat, yang mempunyai beberapa tujuan, manfaat yang diperoleh dan konsekuensi yang harus ditanggung pihak perusahaan. Perusahaan yang melakukan go-public, mempunyai tujuan, yaitu antara lain..
- Mendapatkan dana untuk perluasan usaha (ekspansi) atau diversifikasi usaha dan memperbaiki struktur modal perusahaan
- Meningkatkan nilai perusahaan (shareholder value)
- Melepaskan sahamnya agar mendapatkan keuntungan (divestasi).
Manfaat Go-Public
Manfaat perusahaan dalam melakukan go-public, antara lain :...
- Memberkan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta memiliki saham perusahaan.
- Dapat memperoleh dana yang relatif besar dan diterima sekaligus
- Proses relatif lebih mudah dan biayanya relatif lebih murah
- Emiten lebih dikenal oleh masyarakat
- Promosi tidak langsung dan secara terus menerus.
- Image perusahaan menjadi lebih baik
- Daya saing perusahaan meningkat
- Mendapatkan akses ke basis pemodal yang luas dari sebelumnya
Konsekuensi Go-Public
Konsekuensi yang harus ditanggung oleh perusahaan dalam melakukan go-public tersebut, antara lain...
- Emiten dituntut lebih terbuka, sehingga dapat memacu perusahaan untuk meningkatkan profesionalisme
- Perusahaan dituntut untuk dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan sehingga akan dapat meningkatkan citra perusahan
- Perusahaan harus mengikuti peraturan-peraturan yang ada dalam pasar modal mengenal kewajiban pelaporan
Demikianlah pembahasan pada kali ini semoga Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Konsekuensi Go-Public bagi Perusahaan dapat bermanfaat dan teman-teman dapat menerimanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar